Adian Husaini: Pancasila Bukan karya Soekarno, Tapi Muhammad Yamin

Jakarta (voa-Islam) – Peringatan hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni, dan mengidentikkannya dengan Soekarno masih perlu penelaahan sejarah yang lebih serius. Bukti-bukti sejarah justru menunjukkan, bahwa rumusan Pancasila resmi lahir pada 18 Agustus 1945. Oleh sebab itu, lebih tepat jika hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 18 Agustus 1945.

“Tidak benar, jika hari kelahiran Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni, seperti yang diyakini sebagia kalangan pendukung Pancasila. Juga tidak sepenuhnya Pancasila merupakan gagasan Soekarno,” kata Ketua Program Studi Pendidikan Islam Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Dr. Adian Husaini dalam Seminar  Sehari “Menelusuri Liku-liku Pancasila di Gedung Menara Dakwah Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Jakarta, Senin (30 Mei 2011).

Ternyata ada banyak pendapat seputar peringatan hari kelahiran Pancasilam.  Ada yang menyebut tanggal 22 Juni.  Alasannya, pada 22 Juni 1945, untuk pertama kalinya dikeluarkan rumusan Pancasila secara rsmi yang disepakati semua faksi dalam Badan Penyelidik Usaha , Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Tetapi ada juga yang menyebutkan, bahwa kelahiran Pancasila justru  pada tanggal 18 Agustus. Karena, pada tanggal tersebut Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menyepakati rumusan Pancasila.

Sedangkan yang meyakini hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni, alasannya, pada tanggal tersebut adalah untuk pertama kalinya istilah   disebutkan oleh Soekarni dalam Sidang BPUPK.

Tidak ada perbedaan fundamental antara lima asas Yamin dengan lima dasar Soekarno. Mengutip bukunya B.J Boland yang berjudul “The Struggle of Islam ini Modern Indonesia, menyimpulkan: Pancasila faktanya adalah karya Yamin dan bukan karya Soekarno.

Bahkan tentang nama Pancasila itu sendiri, diakui oleh Soekarno setelah ia mengkonsultasikan nama itu kepada seorang ahli bahasa, yang tidak lain adalah Muhammad Yamin.

Dalam buku “Sejarah Lahirnya Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila” disebutkan bahwa Soekarno pada tahun 1966 mengakui, kata “sila”” adalah sumbangan Yamin, sedangkan kata “Panca” berasal dari dirinya (Soekarno). Desastian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 1,637 hits
%d blogger menyukai ini: